lpm@uinjkt.ac.id (021) 7401925 Jl. Ir H. Juanda No.95,Ciputat Indonesia,

Memperjelas, menumbuhkan, mengkonsolidasi, mempercepat, mensistematisasikan serta melembagakan gerakan mutu pendidikan tinggi

PENYAMAAN PERSEPSI ASESOR BKD

Penyamaan persepsi asesor pada pada Rabu, 12 Januari 2022 merupakan rangkaian dari kegiatan pengisian laporan Beban Kinerja Dosen (BKD) yang rutin dilakukan di akhir semester. Kegiatan yang dibuka oleh rektor Prof. Dr. Amany Lubis MA, melalui zoom meeting ini, juga dihadiri oleh para Wakil Rektor serta para asesor yang terdiri dari Guru Besar, dosen yang telah bergelar doktor atau dosen dengan pangkat lektor kepala dan tim dari LPM.

LPM menyelenggarakan kegiatan penyamaan persepsi asesor: Lesson learned pelaksanaan assessment BKD melalui media zoom. Penyamaan persepsi asesor yang diselenggarakan pada pada Rabu, 12 Januari 2022 merupakan rangkaian dari kegiatan pengisian laporan Beban Kinerja Dosen (BKD) yang rutin dilakukan di akhir semester. Kegiatan yang dibuka oleh rektor Prof. Dr. Amany Lubis  MA, melalui zoom meeting ini, juga dihadiri oleh para Wakil Rektor serta para asesor yang terdiri dari Guru Besar, dosen yang telah bergelar doktor atau dosen dengan pangkat lektor kepala dan tim dari LPM. Pada pengisian BKD Juli-Desember 2021, jumlah dosen yang telah mengisi sebanyak 989 dosen, sedangkan asesor yang menilai kurang lebih 127 asesor. Adapun masa penilaian BKD oleh asesor 12-15 Januari 2022, sedangkan waktu perbaikan pada pada 16-17 Januari 2022.

Prof. Zulkifli sebagai narasumber dalam kegiatan ini menegaskan bahwa BKD adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh dosen, begitu pula dengan penilaian oleh asesor, sehingga seharusnya berjalan berdasarkan system dan semakin sedikit persepsi yang berbeda. Parhan Hidayat, sebagai koordinator BKD dari tim LPM menegaskan bahwa, penyamaan persepsi asesor penting dilakukan untuk menyeragamkan nilai aktifitas yang dilaporkan oleh dosen selama satu  semester melalui aplikasi link lkp.uinjkt.ac.id. Beberapa pertanyaan diajukan oleh para asesor berkaitan dengan sistem penilaian, jumlah SKS BKD yang berubah dan kesepakatan bukti penugasan dan bukti kinerja. Hal yang menjadi prioritas adalah pengembangan sistem BKD, mengingat akan terintegrasinya BKD dengan SISTER Dikti.

LPM Author

Lembaga Penjaminan Mutu, Univeristas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

0 Comments

Your Comment

Please Login to google SSO to send Us your Comment

Google Login