Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
UIN Jakarta Tempati Posisi 4 besar di Indonesia One Search

UIN Jakarta Tempati Posisi 4 besar di Indonesia One Search

Sebagai salah satu perguruan tinggi keagamaan terbesar di Indonsia, UIN Jakarta memiliki jumlah koleksi bahan pustaka terbanyak diantara PTKIN. Koleksi tersebut kini bisa diakses melalui sebuah portal perpustakaan seluruh Indonesia yang diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional, portal tersebut adalah Indonesia One Search (IOS). UIN Jakarta menempati posisi keempat, sebagai perguruan tinggi yang koleksinya paling banyak terdeteksi di IOS. Total koleksi tersebut berjumlah 193.122.

Dalam website IOS dijelaskan bahwa Indonesia OneSearch adalah sebuah portal pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia. Selain itu, portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh Perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar.

Untuk bergabung dengan IOS, setiap repositori harus menyediakan API berbasis OAI-PMH (Open Archive Initiatives), sebuah protokol pengambilan metadata yang sudah digunakan oleh 75% lebih repositori di dunia.

Sampai sejauh ini, seperti dilansir dalam laman website ada sekitar 1000an organisasi mitra yang tergabung dalam IOS. Organisasi mitra IOS terdiri dari perpustakaan sekolah, perpustakaan PT, Badan Arsip dan museum.

Leave a reply

X