Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
UIN Jakarta Raih Bintang 3 QS Rating

UIN Jakarta Raih Bintang 3 QS Rating

UIN Jakarta kembail meraih prestasi yang membanggakan dengan diperolehnya Bintang 3 dalam kategori QS Rating. Kabar gembira ini diterima melalui kiriman email resmi dari QS yang diterima oleh Kepala Pusat 2 LPM, Jejen Jaenuddin, Ph.D. Dalam email tersebut dinyataka bahwa UIN Jakarta masuk Perguruan Tinggi yang berkatergori bintang 3 di Indonesia.

Dalam lampiran sertifikat resmi dari QS, UIN Jakarta memperoleh jumlah bintang yang variatif dalam beberapa kategori sebagai berikut:

No

Kategori

Jumlah Bintang

1.

Teaching

4

2.

Employability

4

3.

Internationalization

2

4.

Facilities

3

5.

Social Responsibility

3

6.

Inclusiveness

5

7.

Program Strenght: Islamic Studie

2

Overall

3

Perolehan bintang 3 ini memposisikan UIN setara dengan beberapa Perguruan Tinggi Umum Negeri di Indonesia yang sama-sama memperoleh bintang 3. Di Indonesia ada sekitar 8 Perguruan Tinggi yang masuk kategori bintang 3 yaitu Universitas Andalas, Universitas Binus, Universitas Telkom, Universitas Udayana, Universitas Islam Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Brawijiaya. Dalam konteks Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), UIN Jakarta adalah PTKI pertama yang memperoleh bintang 3 dari QS Rating.

Diperolehnya bintang 3 QS Rating ini akan menjadi jalan yang terbuka lebar bagi UIN Jakarta untuk menjadi perguruan tinggi yang dikenal dunia. Dalam beberapa tahun ke depan, Lembaga Penjaminan Mutu UIN Jakarta berharap UIN Jakarta bukan hanya memperoleh predikat di QS Rating tetapi juga masuk dalam QS Rangking. Seperti diketahui sebelumnya, QS Ranking dan QS Rating memiliki metodologi penilaian yang berbeda. QS Ranking melakuan penilaian dengan cara mengevaluasi 6 kategori utama yaitu academic reputation (40%), employer reputation (10%), faculty/student ratio (20%), citations per faculty (20%), international faculty ratio (5%), dan International student ratio (5%)

Sementara itu, QS Rating atau sering disebut juga QS Stars merupakan sebuah proses pemberian Rating yang dilakukan oleh lembaga QS untuk melihat secara mendalam tentang keunggulan sebuah perguruan tinggi dalam beberapa kategori yang ditentukan. Kategori tersebut di antaranya adalah kekuatan program studi, fasilitas, keterserapan kerja lulusan, tanggung jawab sosial, keinklusifan, dan beberapa kategori lainnya.

QS Stars berpandangan bahwa setiap perguruan tinggi memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri dengan perguruan tinggi lainnya, sehingga sebuah perguruan tinggi perlu dinilai dalam sebuah rangkaian kategori tertentu untuk menemukan perbedaan yang menjadi keunggulannya dari perguruan tinggi lain. Hasilnya, mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut akan mendapatkan sesuatu yang berbeda dari perguruan tinggi tersebut yang tidak akan diperolehnya dari perguruan tinggi lain.

Leave a reply

X