Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
UIN Jakarta Akan Gelar Simulasi Visitasi AIUA

UIN Jakarta Akan Gelar Simulasi Visitasi AIUA

Bertempat di Hotel Kristal, Terogong Raya, Cilandak, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi tuan rumah pelaksanaan Training of Asesor Asian Islamic University Association Quality Assurance (AIUA-QA). Acara ini berdasarkan rencana akan digelar dari tanggal 11-13 Oktober 2018 di Hotel Kristal. Setelah acara Training, kegiatan akan dilanjutkan di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada tanggal 14 sampai dengan 15 Oktober 2018.

Pada acara pembukaan, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dede Rosyada, MA., menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut beliau, Perguruan Tinggi Islam di tingkat Asia memang sangat perlu untuk memiliki sebuah lembaga penjamin mutu tersendiri agar keunikan dan ciri khas dari perguruan tinggi islam ini dapat terekam dengan baik. Sementara itu President AIUA, Prof. Yudian Wahyudi, M.A, menyampaikan kurang lebih hal yang sama, bahwa perguruan tinggi umum sudah lama membangun asosiasi penjaminan mutu, maka  sekarang merupakan saat yang tepat bagi perguruan tinggi islami di tingkat Asia untuk memiliki standar penjaminan mutu tersendiri.

Berdasarkan jadwal kegiatan yang dirilis panitia ada beberapa topik penting yang akan dibahas dalam kegiatan Training Asesori AIUA ini. Topik penting itu diantaranya adalah kompetensi dasar asesor AIUA, pendidikan tinggi islam di Asia, pokok-pokok penjaminan mutu di perguruan tinggi islam anggota AIUA, sensitivitas etik dan budaya, praktik kompetensi asesor AIUA lewat studi kasus, pendekatan PDCA dalam penjaminan mutu AIUA, persiapan penilaian ke lapangan, simulasi interview lapangan, dan pembuatan laporan penilaian.

Pada tanggal 14 sampai dengan 15 Oktober 2018, acara akan dilanjutkan dengan visitasi lapangan ke kampus 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Jakarta akan menjadi perguruan tinggi pertama yang akan di visit oleh asesor AIUA, sekaligus sebagai simulasi dalam kegiatan visitasi asesor AIUA.

AIUA merupakan asosiasi perguruan tinggi islam tingkat Asia yang didirikan pada tahun 2015. Tujuan utama dari asosiasi ini adalah untuk membantu para anggota asosiasi untuk memperkuat perguruan tinggi tersebut melalui kerjasama untuk mendapatkan distingsi tersendiri dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan menggunakan pendekatan keislaman.

 

Leave a reply

X