Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
TOT Asesor Internal Penulisan Borang

TOT Asesor Internal Penulisan Borang

Guna meningkatkan kualitas penulisan borang akreditasi Prodi, LPM UIN Jakarta terus melakukan upaya peningkataa kualitas. Salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan Training of Trainer (TOT) di Gedung Syahida Inn, Kampus 2 UIN Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 24-25 September 2018. Para peserta yang diundang merupakan perwakilan dari program studi yang akan melaksanakan reakreditasi pada tahun 2019 mendatang.

Dalam data uinjkt.ac.id, tercatat bahwa pada tahun 2019 ada sekitar 20 program studi yang akan melakukan reakreditasi. Hal penting yang membedakan proses akreditasi tahun 2019 dan tahun sebelumnya adalah pada tahun 2019 mulai diberlakukan sistem akreditasi dengan 9 kriteria. Penggunaan 9 kriteria tersebut, tepatnya akan berlaku mulai 01 Januari 2019. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, Fakultas dan program studi sudah harus mempersiapkan proses akreditasi ini minimal 2 tahun sebelumnya.

Berdasarkan informasi tersebut, pada kegiatan TOT, LPM UIN Jakarta menghadirkan beberapa narasumber yang merupakan asesor BAN PT senior dari UIN Jakarta, diantaranya adalah Dr. Sururin, M.Ag, dan Prof, Suwito, MA.

Dalam paparan materinya di hari kedua, Prof. Suwito menyampaikan beberapa tips dan kiat sukses dalam penulisan borang akreditasi. Menurut beliau ada 2 hal penting yang harus diperhaitkan dalam proses penulisan borang, yaitu persiapan penulisan borang dan pelaksanaan penulisan borang. Persiapan penulisan borang dimulai dengan mempersiapkan agenda surat masuk dan keluar. Fungsi dari agenda atau catatan surat masuk ini adalah untuk mengetahui rapat, surat keputusan, laporan, kerja sama, seminar dan kegiatan lainnya. Selanjutkanya, siapkan database online yang memuat data jumlah mahasiswa, dosen, staff, karya dosen dan data penting lainnya. Berikutnya, sediakan pula data yang berbentuk hard copy yang merupakan pelengkap dari surat keluar masuk dan data base online. selanjutnya, sebelum melakukan penulisan borang usahakan untuk menyediakan 3 LCD yang disorotkan ke tembok. LCD 1 untuk menampilkan file excel penilaian, LCD 2 untuk menampilkan data kuantitatif Sapto, dan LCD 3 untuk menampilkan borang dan evaluasi diri. Dengan cara ini penulisan borang dapat langsung jadi, dan diketahui perolehan nilai per butirnya.

Pada pelaksanaan penulisan borang ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, sebaiknya yang dikerjakan pertama kali adalah data kuantitatif. Mulailah dengan mengakses data kuantitaif SAPTO, karena kita akan mengetahui urutan data pengisian kuantitatif. Selanjutnya, tampilkan borang dan format penilaian excel. Kemudian isi semua tabel atau kolom yang ada ketiga hal tersebut sehingga diketahui posisi masing-masing.

Setelah selesai pengisian data kuantitatif, selanjutnya lanjutkan dengan mengisi narasi kualitatif. Pertama, Layar LCD 2 yang Isian Sapto tidak lagi ditampilkan. Kedua, silakan akses format penilaian excel mulai dari nomor awal. Ketiga, Tampilkan juga isian borang atau evaluasi diri dari awal. Keempat, Pahami baik-baik redaksi isian/indikator agar memperoleh “nilai terbaik atau 4” yang terdapat di dalam format excel, kemudian tuliskan pada borang indikator yang harus ada dimaksud. Kelima Isikan materi pada setiap indikator yang sesuai, dengan dukungan data yang diperoleh dari agenda surat keluar-masuk.

Menurut Prof. Suwito, ada 2 kunci utama dalam pengisian narasi kualitatif. Pertama, semua isian narasi kualitatif haruslah menjawab semua indikator yang tercantuan pada format penilaian excel atau matriks penilaian pada setiap butirnya. Kedua, Isian semua butir narasi kualitatif haruslah didukung oleh data yang sangat banyak dan dilink-kan ke sumber datanya. Informasi semua data dapat diperoleh dari “agenda surat keluar dan masuk”.

Leave a reply

X