Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Rektor Sosialisasikan Visi Misi Pada Peserta Rapat Koordinasi

Rektor Sosialisasikan Visi Misi Pada Peserta Rapat Koordinasi

Dalam rangka menghadapi akreditasi prodi tahun 2018, LPM UIN Jakarta mengadakan rapat koordinasi bersama pimpinan fakultas dan program studi di ruang Diorama, Jumat 09 Maret 2018. Dalam data BAN PT diketahui ada sekitar 12 prodi yang direakreditasi pada tahun 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Jakarta menyampaikan pentingnya pemahaman Visi Misi oleh seluruh civitas akademika di UIN Jakarta. Berkaca pada pengalaman visitasi akreditasi AIPT, Pemahaman visi misi menjadi sangat urgen karena akan menjadi dasar utama dalam pelaksanaan program kerja perguruan tinggi.

Rektor juga menyampaikan bahwa berdasarkan informasi sementara, nilai AIPT UIN Jakarta cukup bagus. Hal ini, lanjut Rektor, dikarenakan semua data yang ada dalam borang UIN Jakarta sangat well informed. Dengan demikian, fungsi website di semua unit di UIN Jakarta harus dimaksimalkan dengan baik, dengan cara selalu mengupdate berita dan data terbaru.

Setelah menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Prof. Suwito yang menyampaikan materi seputar penulisan borang akreditasi yang baik. Beliau menyampaikan bahwa dokumen Evaluasi Diri (ED), Borang Program Studi, dan Borang unit pengelola harus berkualitas tinggi. Borang yang baik adalah borang yang menjawab semua pertanyaan dengan narasi yang baik dan dilengkapi bukti-bukti kegiatan dan data yang nyata. Selain itu narasi dan data-data yang ditampilkan harus dapat melebihi standar yang ditetapkan. Karena kalau data-data yang memenuhi standar yang ada, maka nilai akreditasi hanya dapat memenuhi nilai minimal. Untuk mendapatkan nilai akreditasi yang baik, lanjut Prof. Suwito, Borang harus dapat melebihi standar.

Acara rapat koordinasi dilanjutkan dengan pemaparan materi dari tim Pustipanda. Tim Pustipanda bertugas melakukan persiapan sistem informasi yang memadai terkait persiapan akreditasi. Terlebih lagi, sistem akreditasi yang ditetapkan tahun 2018 ini sudah menerapkan sistem SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online). Pustipanda berencana bahwa setiap Prodi akan memiliki akun dan akses tersendiri untuk mengupload data yang diperlukan untuk borang akreditasi.

Mengingat acara dilaksanakan pada hari Jumat, acara dihentikan pada pukul 11.30. Acara dilanjutkan kembali pada pukul 13.30. Kali ini kegiatan diisi dengan diskusi seputar borang yang telah dipersiapkan. Para asesor internal, penulis borang dan tim Pustipanda akan bekerjasama untuk mempersiapkan hasil akreditasi yang maksimal.

Leave a reply

X