Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Rektor membuka Sosialisasi AMI 2020

Rektor membuka Sosialisasi AMI 2020

LPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar sosialisasi Audit Mutu Internal (AMI) dan aplikasi SIQA dalam rangka persiapan AMI tahun 2020. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan tanggal 8 – 9 Juni 2020 secara daring.

Dalam pengantarnya, Ketua LPM, Muhammad Zuhdi, menyampaikan bahwa kegiatan AMI tahun 2020 ini merupakan bagian dari proses Sistem Penjaminan Mutu Internal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sistem Penjaminan Mutu ini mengacu pada 9 kriteria yang dirumuskan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT). Untuk memudahkan pelaksanaan AMI tahun 2020, LPM telah mengembangkan sebuah aplikasi yang disebut SIQA. Sistem ini akan membantu Program Studi melakukan sharing data dan informasi terkait kondisi terkini Prodi masing-masing.

Sosialisasi yang diikuti oleh seluruh Progam Studi, Gugus Jaminan Mutu dan dihadiri oleh Wakil Rektor dan Wakil Dekan bidang Akademik tersebut dibuka secara Resmi oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Amany Lubis, MA.

Dalam Opening Remarks-nya, Rektor menyampaikan beberapa hal kunci yang menjadi perlu menjadi perhatian seluruh stakeholders bidang akademik di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rektor mengawali sambutannya dengan menyampaikan permohonan maaf dan apresiasi kepada seluruh Ketua Program Studi, Gugus Jaminan Mutu dan Pimpinan Fakultas yang mengikuti acara tersebut. Menyitir sebuah hadits, Rektor menyatakan, “Orang belum dipandang bersyukur kepada Allah, bila belum berterima kasih kepada sesame manusia.” Rektor menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan Prodi dan Fakultas yang telah memberikan kontribusi masing-masing sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

Selanjutnya Rektor menyampaikan bahwa dalam mengelola aspek akademik, penting untuk memperhatikan detail. “Detail itu indah,” begitu menurut Rektor. Memperhatikan hal-hal detail dalam pengelolaan Program Studi, Fakultas dan Universitas dapat memberikan umpan balik kepada pimpinan untuk melakukan perbaikan-perbaikan demi peningkatan kualitas Perguruan Tinggi.

Selain itu, Rektor juga mengingatkan bahwa dalam melaksanakan tugas masing-masing di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hendaknya mengingat misi utama, yaitu pengabdian kepada institusi dan pengabdian kepada Allah SWT. Rektor mengungkapkan sebuah kalimat bijak yang menyatakan, “bagian terpenting dari hikmah adalah rasa takut kepada Allah.” Bila semua aktivitas dilakukan berlandaskan ketaatan kepada Allah, maka hasilnya akan sesuai dengan keridaan Allah.

Rektor menggarisbawahi bahwa kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) adalah bagian terpenting dari seluruh kegiatan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Aspek akademik adalah inti dari perguruan tinggi, maka kegiatan akademik seperti AMI merupakan kegiatan yang sangat vital bagi keberlangsungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang terus berupaya meningkatkan kualitas akademiknya.

Terakhir, Rektor berpesan agar semua pihak berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan AMI 2020 ini sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing.

Rangkaian kegiatan AMI 2020 ini dilaksanakan mulai tanggal 8 Juni  sd 17 Juli 2020, dan dilakukan secara daring melibatkan 78 Program Studi yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Leave a reply

X