Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Perkenalkan APS Kriteria 9, LPM Adakan Workshop di Hotel Mercure

Perkenalkan APS Kriteria 9, LPM Adakan Workshop di Hotel Mercure

Lembaga Penjaminan (LPM) UIN Jakarta mengadakan Workshop Akreditasi Program Studi (APS) dengan 9 Kriteria, pada hari Kamis, (7/11/2019) di ruang pertemuan Karumba, Hotel Mercure, Lebak Bulus, Jakarta Selatan .
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, Kepala LPM UIN Jakarta Asep Saefudin Jahar, Direktur dan Wakil Direktur Wilayah I Kopertais, Direktur SPs UIN Jakarta, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala Departemen UIN Jakarta.

Dalam sambutannya Rektor UIN Jakarta, Amany Lubis, mengharapkan bahwa sembilan kriteria akreditasi akan mampu meningkatkan percepatan dan kualitas akreditasi program studi di UIN Jakarta.“Posisi Pendidikan Tinggi dan program studi dalam sistem akreditasi baru bersifat strategis dan menantang. Karena itu, kedua komponen harus dapat saling melengkapi, ” demikia tegas Rektor. Dengan standar IAPS baru ini, lanjutnya, diharapkan nilai-nilai dan etos kerja akan diterapkan pada semua komunitas kampus. Karena itu, setiap komponen di UIN Jakarta harus membuat rencana strategis yang jelas, terukur dan visioner.

Sementara itu, dalam kegiatan yang sama, Kepala LPM UIN Jakarta Asep Saefudin Jahar menegaskan bahwa kesembilan kriteria yang disosialisasikan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas program studi di UIN Jakarta.
“Model APS baru ini didasarkan pada output yang berlaku untuk semua komponen. Substansi dari setiap standar mengarah pada keluaran dan kontribusinya bagi Institut, masyarakat dan sains. Oleh karena itu, visi dan misi, sasaran dan strategi adalah bagian utama untuk mencakup kriteria lain. Kita juga perlu merumuskan kriteria tata kelola, siswa, sumber daya manusia, fasilitas dan keuangan, pendidikan, penelitian, hasil pengabdian masyarakat dengan cermat dan pencapaian tiga pilar pendidikan tinggi, ”kata Asep.

Di akhir sambutannya, Asep berharap kriteria ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan di UIN Jakarta.

Leave a reply

X