Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
LPM UIN Jakarta Undang BAN PT Sosialisasi SAPTO

LPM UIN Jakarta Undang BAN PT Sosialisasi SAPTO

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, sistem akreditasi perguruan tinggi kini tengah beralih menjadi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Guna menghadapi hal tersebut, LPM UIN Jakarta mengundang Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi (BAN PT) untuk melakukan sosialisasi SAPTO. Bertempat di ruang Diorama, 27 September 2017, LPM mengundang seluruh program studi di lingkungan UIN Jakarta dan 25 perguruan tinggi dari wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Serang.

Bertindak sebagai narasumber adalah Dr. Sugiyono, Anggota Dewan Eksekutif BAN PT. Pesan penting akreditasi menurut Sugiyono adalah bahwa akreditasi bukanlah tujuan. Tujuan utama dilaksanakannya akreditasi adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan. Salah satu kiat untuk menghadapi SAPTO ini adalah Perguruan tinggi harus memiliki sumber data tunggal, yang dapat diakses bersama oleh seluruh unit. Dalam SAPTO, sudah disiapkan sistem agar PT yang sedang melakukan akreditasi tidak bisa memanipulasi data.

Menurut Sugiyono, sekitar tahun 2017, dari 4000an perguruan tinggi di Indonesia, baru sekitar 1279 yang telah terakreditasi. Hal ini sangat miris, karena menurut Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 Tentang pendidikan Tinggi Seluruh PT harus semua terakreditasi. Dalam konteks Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) salah satu masalah yang sering muncul adalah sering adanya perubahan nomenklatur, dan tidak ada laporan ke BAN PT dan Kementrian. Tentang Homebase, BAN PT tidak pernah menetapkan homebase berdasarkan prodi, yang penting setiap prodi memiliki 6 dosen. Homebase dosen adalah institusi.  Selain BAN PT, untuk melakukan akreditasi, dibentuk pula LAM (lembaga Akreditasi Mandiri). Bila dalam satu rumpun ilmu belum terbentuk LAM, maka akreditasi masih dilakukan oleh BAN PT.

Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan SAPTO secara online, yang langsung diperagakan oleh tim pengembang SAPTO BAN PT. Para peserta yang kebanyakan berasal dari perguruan tinggi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Leave a reply

X