Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
LPM UIN Jakarta Maksimalkan Borang Program Studi

LPM UIN Jakarta Maksimalkan Borang Program Studi

Pada tahun 2018 ini, ada sekitar 12 program studi di UIN Jakarta yang akan melakukan reakreditasi. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, LPM UIN Jakarta mengadakan Workshop Persiapan Akreditasi Prodi Tahun 2018, bertempat di lantai 6 Syahida Inn, Rabu-Kamis, 7-8 Maret 2018. Para peserta yang hadir adalah Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, dan Tim penyusun Borang AIPT.

Dalam rangka menghadapi akreditasi tersebut, seluruh program studi telah memulai melakukan penulisan borang dan evaluasi diri. Untuk mereview borang-borang tersebut, LPM telah mengundang beberapa asesor senior UIN Jakarta, diantaranya Prof. Dr. Suwito, Suparto Ph.D, dan Dr. Athiyatul Ulya, M.Ag. Pada hari pertama, para peserta mendapatkan pencerahan pengisian borang dari Prof. Suwito. Sementara hari kedua dipandu oleh Dr. Atiyatul Ulya dan Suparto, Ph.D.

Seluruh asesor memberikan masukan dan komentar yang kurang lebih sama pada seluruh borang yang ada. Pertama, narasi borang cenderung normatif karena tidak dilengkapi dengan bukti-bukti seperti berita kegiatan, surat tugas, dan data-data pendukung lainnya. Kedua, dalam penulisan data kuantiatif, para penulis borang terkadang tidak memperhatikan judul tabel yang dituliskan. ketiga, pengisian data karya, prestasi dan penghargaan dalam isian excel sering ditulis secara berkelompok berdasarkan nama dosen, padahal seharusnya setiap karya yang ada ditulis nama pengarangnya walaupun berulang-ulang.

Salah satu hal yang membedakan akreditasi 2018 dengan akreditasi sebelumnya adalah adanya Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Sistem ini mengharuskan program studi untuk mengupload borang dan form excelnya ke dalam SAPTO. Hal ini memerlukan perhatian khusus dari para penulis borang agar lebih hati-hati dalam mengupload soft file borang tersebut.

 Adapun program studi yang akan direakreditasi tersebut adalah sebagai berikut:

1.Program Studi Tadris Fisika

2.Program Studi Tadris Bahasa Inggris

3.Program Studi Pendidikan Matematika

4.Program Studi Farmasi dan Profesi Apoteker

5.Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter

6.Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam

7.Program Studi S2 Dirasat Islamiyah

8.Program Studi S2 Agama-Agama

9.Program Studi Teknik Pertambangan

10.Program Studi S3 Perbankan Syariah

11.Program Studi S2 Pengkajian Islam

12.Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat

Leave a reply

X