Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
LPM Laksanakan Pelatihan Awarness ISO 9001:2015

LPM Laksanakan Pelatihan Awarness ISO 9001:2015

UIN Jakarta kembali melaksanakan pelatihan ISO 9001:2015. Pelatihan ini merupakan upaya upgrading dari ISO 9001:2008 ke ISO 9001: 2015. Pelatihan ini menargetkan semua unit di UIN Syarif Hidayatulah Jakarta yang sebelumnya telah tersertikasi ISO agar dapat menyesuaikan dengan perubahan klausul yang ada dalam standar ISO 9001:2015. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama 2 hari, 27-28 Agustus 2018. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang Utama (RSU), lantai 2 Rektorat, Kampus 1 UIN Jakarta.

Dalam kegiatan tersebut hadir 25 orang peserta yang berasal dari berbagai unit yang berbeda. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, unit-unit UIN Jakarta yang telah tersertifikasi ISO adalah Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK), Biro Perencanaan dan Keuangan (BPK), Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Lembaga Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Pustipanda, Perpustakaan, Pusat Pengembangan Bahasa (PPB), dan Satuan Pemeriksa Internal (SPI).  Sebagai tambahan, LPM juga memberikan kesempatan kepada para Gugus Jaminan Mutu (GJM) dari seluruh fakultas untuk menjadi peserta. Peserta akan diberikan materi tentang klausul-klausul terbaru dan bagaimana cara melakukan audit internal ISO.

Bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Ir. Ali Fuadi Rizaldi, MM, dari Sucofindo. Dalam pengantar materinya, Ali menyampaikan bahwa perbedaan utama antara ISO 2008 dan ISO 2015 adalah di dalam ISO 2015 terdapat pendekatan yang sistematis terhadap resiko. Resiko dianggap sebagai suatu kesatuan yang tidak dipisahkan dari sistem. Dengan melakukan pendekatan yang berbasis resiko, organisasi dapat menjadi lebih proaktif bukan malah reaktif. Organisasi diharapkan dapat senantiasa mencegah dan mengurangi efek yang tidak diinginkan.

Leave a reply

X