Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Asep Saepudin Jahar, Nahkoda Baru LPM UIN Jakarta

Asep Saepudin Jahar, Nahkoda Baru LPM UIN Jakarta

Sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan di beberapa posisi strategis di UIN Jakarta, Rektor UIN Jakarta, Amany Lubis, melantik para dekan dan ketua lembaga baru yang akan mengemban amanah dalam waktu 4 tahun ke depan, Senin 11 Maret 2019.

Dalam sambutannya, Amany menyampaikan bahwa acara pelantikan Dekan atau pejabat  baru dilingkungan UIN Jakarta merupakan awal mula mengemban amanah dan tanggung jawab untuk membawa UIN Jakarta lebih maju dan dikenal dunia. UIN Jakarta adalah lembaga yang besar, baik secara keilmuan, kelembagaan, dan besar karena jejak langkah dan kiprah serta kontribusi alumninya di Indonesia khususnya dan manca negara.
Salah satu pejabat baru yang dilantik adalah Dr. Phil Asep Saepudin Jahar, MA sebagai ketua LPM 2019-2023 yang menggantikan ketua LPM Sebelumnya Dr. Sururin, M.Ag. Sururin sendiri kini mendapatkan amanah baru sebagai Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan. Sementara itu Asep Saepudin Jahar sebelumnya adalah Dekan Fakultas Syariah dan Hukum.

Asep menempuh pendidikan dasar dan menengah Pertama di Pandeglang. Selanjutnya melanjutkan pendidikan menengah atas di pondok pesantren ternama, Gontor. Setelah lulus SMA, Asep kemudian melanjutkan sekolah ke UIN Jakarta (dulu IAIN Jakarta). Setelah tamat S1, Asep kemudian melanjutkan Kuliah ke Jenjang Magister di McGill University Canada. Tidak cukup di situ, Asep juga melanjutkan pendidikan ke Jenjang S3 di Leipzig, Jerman.

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum ini memiliki keahlian utama dalam bidang Ekonomi Syariah. Salah satu artikelnya yang berjudul “Marketing Islam through Zakat Institutions in Indonesia” berhasil diterbitkan di sebuah jurnal terindeks Scopus, Studia Islamika, pada tahun 2015. Sementara itu artikel lainnya yang berjudul “Filantropi dan Keberlangsungan Ormas Islam”, telah terbit di jurnal nasional, Al-Risalah, pada tahun 2016.

Leave a reply

X