Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Antisipasi Plagiarisme, Perpustakaan Utama Langgan Turnitin

Antisipasi Plagiarisme, Perpustakaan Utama Langgan Turnitin

Guna meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Perpustakaan utama mulai tahun ini telah resmi melanggan Turnitin. Turnitin itu sendiri merupakan sebuah aplikasi berbasis online yang berfungsi untuk melakukan pengecekan apakah sebuah karya ilmiah terindikasi melakukan penjiplakan atau tidak.

Berbicara sebagai narasumber di hadapan 60 orang peserta Workshop Anti Plagiarisme (Syahida Inn, 13 Oktober 2017), Ulfah Andayani, Super Admin Turnitin di Perpustakaan Utama, menyampaikan bahwa prinsip kerja dari Turnitin ini adalah dengan cara mengecek similarity (kesamaan) satu dokumen yang diupload ke dalam Turnitin dengan sumber-sumber yang tersedia secara online di internet. Setelah dimasukan ke dalam sistem, Turnitin kemudian akan memberikan hasil berupa persentase jumlah kesamaan dokumen tersebut dengan dokumen-dokumen pembanding di internet. Namun seorang pengguna Turnitiin, menurut Ulfa, Jangan terburu-terburu menyimpulkan dokumen tersebut diduga plagiat sebelum mengecek satu persatu dokumen pembanding. Bisa jadi dokumen pembanding adalah dokumen yang sama miliki si penulis yang telah diupload sebelumnya di website lain.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat dalam pengecakan plagiat tersebut, lanjut Ulfa yang ditemani oleh Ririn dari Vendor Turnitin, Pengguna Turnitin harus mengetahui tata cara menggunakan optional Setting. Dalam optional setting ini, pengguna dapat mengexclude (mengeluarkan) bagian-bagian dari dokumen yang sangat mungkin terjadi kesamaan, seperti daftar pustaka dan istiliah-istilah yang menjadi common sense dalam penelitian. Pengguna juga dapat mengexclude sumber-sumber pembanding yang kesamaannya sangat kecil dengan dokumen yang diupload.

Dalam proses langganan Turnitin ini, UIN Jakarta berhak mendapatkan akses sebanyak 150 user. 50 untuk instruktur (dosen) dan 100 untuk mahasiswa. Kelima puluh akses tersebut akan dibagikan ke seluruh fakultas dan unit-unit terkait di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah dibagikan ke seluruh fakultas, Para dosen dan mahasiswa dapat secara bergantian menggunakan akses tersebut. Dalam prakteknya dosen dapat memasukan lebih dari dokumen untuk pengecekan plagiat, sementara mahasiswa hanya dapat mengupload satu dokumen saja.

Leave a reply

X